Saya dan Program I LOVE MY JOB


Salah satu keuntungan menjadi seorang penyiar radio adalah, selain membagi wawasan juga mendapatkan timbal balik wawasan yang bisa di dapat dari Materi Iklan, Script siaran, acara Talkshow Interaktif dan Program relay berita yang di wajibkan stasiun radio tersebut. Penyiar radio bisa jadi menjadi orang pertama yang mengetahui bocoran “info” terbaru tersebut bahkan sebelum informasi tersebut beredar dna banyak yang tahu.

Salah satu yang senangi adalah membawa acara talkshow atau weekly program interaktif yang menghadirkan bintang tamu, pakar atau narasumber. Dari yang tidak tahu menjadi tahu. Dari yang tidak minat dengan materi yang akan disampaikan sampai dengan harus terpaksa mempelajarinya terlebih dahulu sebelum on air.

Kebetulan, stasiun radio saya kini punya Special Program mingguan yang berjudul “I Love My Job”. Dari judulnya saja, jelas kita akan tahu apa isi nya. Dan kebetulan pula saya yang menjadi moderator nya bekerjasama dengan produser program.

Sobat, permahkah kita mengucapkan I LOVE MY JOB disaat kita mengalami stagnan atau dalam keadaan hepi? Syukurlah kalo pernah meskipun cuma sekali – sekali. Program ini berisi tentang perjuangan, suka dan duka, tantangan di balik sebuah pekerjaan hingga pada akhirnya kita bisa mengucapkan “I love My Job” lebih indah lagi jika ditambahkan embel-embel Alhamdulillah. Setiap Minggu nya kami mengundang bintang tamu yang berasal dari profesi berbeda-beda. Diawal edisi, kami akan mengangkat tema profesi untuk kalangan menengah kebawah atau yang profesinya agak sedikit ekstrim dan nyentrik.

Jika seorang pengusaha sukses mengatakan I Love My Job, mungkin agak sedikit wajar. Yaiyalah, anda sukses dan kaya raya, punya keluarga bahagia dan bisnis yang ber-omzet di atas 1 milyar per tahunnya. Lalu bagaimana dengan pekerjaan yang biasa-biasa saja? Apapun profesinya …

Misalnya ? Penggali Kuburan, Pekerja Massage/Pijet, Tukang Pangkas Rambut, Penjual Gorengan, Cleaning Service, Supir Pribadi, Pembantu Rumah Tangga/TKW, Tukan Sol Sepatu, Pemadam Kebakaran, hingga profesi yang di mata orang sangat menjanjikan.

Dan minggu pertama, saya mendapat kesempatan untuk mewawancarai PETUGAS KAMAR JENAZAH di sebuah Rumah Sakit ternama di Kota Batam. Awalnya saya sempet bergidik ketika mengetahui profesi yang akan saya wawancarai, sama sekali buta akan profesi yang satu ini.Namun disinilah letak kesuksesan sebuah program interaktif (menurut saya), harus ada rasa ingin tahu yang sangat tinggi (Antusias) dan melakukan observasi on the spot agar program berjalan natural.

Bagi saya, question list yang sesungguhnya adalah apapun yang disampaikan oleh narasumber, jadi bener – bener harus nge-blend , dan fokus dengan topic yang di bahas. Itulah gunanya briefing minimal ½ jam sebelum mulai acara.

Mau tau cerita di balik Petugas Kamar Jenazah?

Silahkan Klick ini >> QUESTION LIST i love my job

Keterangan :

a. Ibu Ani (nama disamarkan)

b. Bpk Dani (nama disamarkan)

________________________________________________________

Dan ada pernyataan di balik layar, semacam kisah – kisah nyata seperti di buku Hidayah atau Rahasia Illahi. Sayangnya saya tidak di perbolehkan untuk mengungkapkannya disini.Fakta lainnya adalah, beliau sudah lebih dari 10 kali mungkin di undang oleh media cetak, televisi dan radio lain untuk membagi kisahnya, tapi entah kenapa beliau menolak, dan baru kali ini (di radio saya) mereka tergerak untuk berangkat emmenuhi undangan. Alhamdulillah.. berarti niat nya (niat saya & niat beliau) harus disamakan bukan?😀

Barangkali, tidak satupun diantara kita yang pernah memimpikan untuk menggeluti profesi saat ini, tapi percayalah.. selalu ada Berkah di balik kerja keras, suka duka dan niat yang tulus. Suatu PR yang harus kita jawab, Bagaimana mengembangkan kalimat “Bekerja adalah Ibadah” menjadi Pekerjaan ku adalah ibadah bagi ku, dan berkah untuk semua nya.

Jangan lupa, I LOVE MY JOB hadir setiap Sabtu Sore, jam 3 – 4 WIB di Radio Keifm Batam.

So, apakah anda mencintai pekerjaan anda?😉

2 thoughts on “Saya dan Program I LOVE MY JOB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s