Abjad & Bahasa Yunani


Dari saya hanya mengenal sempoa sebagai alat hitung hingga sekarang, saya selalu kagum sekaligus penasaran kenapa di hampir setiap mata pelajaran yang saya pelajari sering di awali dengan kalimat semacam ini : Kata ini berasal dari bahasa Latin atau Yunani. Contoh nya : Bios dan Logos untuk Biologi, mathēmatiká, fysikós untuk Fisika, Oikos Nomos untuk Ekonomi dll.

Bahkan asal kata Alphabet pun di ambil dari Bahasa Yunani yang mengambil dari kata Alpha dan Betha (huruf Yunani). Lalu saat dosen menuliskan beberapa rumus – rumus ekonomi saya kembali teringat dengan penasaran saya yang sebetulnya belum tuntas sampai hari ini.

Dimana rumus-rumus (notasi ilmiah) tersebut menggunakan Abjad – abjad Yunani seperti Alpha, Betha, Omega, Delta, Sigma, Lambda, Pi dll. Bahkan bukan hanya di Ilmu Ekonomi saja kita bisa menemukan simbol-simbol menakjubkan itu bukan? (kebetulan saya lagi belajar Ekonomi). Sejak di bangku SD bahkan saya sudah menemukan simbol “Pi” untuk mencari keliling dan luas lingkaran yang kalau tidak salah –> πr2 (baca: pi x jari-jari kuadrat). Di bagian atas WORD dan Excel pun juga ada simbol Sigma ( ∑ ) yang biasa digunakan sebagai SUM.

Semakin takjub saja rasanya dengan Bangsa Romawi yang me-mayoritasi Yunani ini. Itulah kenapa sejak kcil saya ingin sekali ke Yunani tepatnya Athena. Karena kebetulan kalender di rumah saya waktu itu memamerkan ke-eksotisan Yunani.

Bahkan bahasa dan abjad Yunani ini ternyata ada di hampir semua cabang ilmu pengetahuan. Berdasarkan Wikipedia  Bahasa ini telah bertahan selama lebih dari ribuan tahun dan telah dituliskan selama kurang lebih 3500 tahun. Bahasa Yunani juga dianggap sebagai salah satu bahasa tua yang masih bertahan hingga kini dengan jumlah kosakata kurang lebih 600.000 kata.

Dan dari sumber lain saya mengetahui bahwa jaman itu memang masyarakat di Yunani adalah satu-satunya bangsa yang paling cepat mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan bangsa yang cerdas. Wow! Bangsa asing yang pertama kali mengakui sumbangsih besar bangsa Yunani ialah bangsa Romawi . Oleh karena itu dalam bahasa latin banyak terdapat kata-kata serapan dari bahasa Yunani.

Dan harus di akui, bahwa sampe sekarang pun kita sering menggunakan abjad Yunani ini untuk meng-eja-kan atau spelling sesuatu pada lawan bicara kita kan? Cuma sometimes, kita lebih senang memodifikasi nya dengan yang lebih mudah [jika tiba-tiba lupa]. Misalkan : mengganti Huruf Betha (B) dengan Bebek, sungguh sangat Indonesia😉

Sebagai reminders kita, yuuk belajar menghafal lagi. Maaf yah kebetulan photoshop saya lagi di uninstall jd ga bisa nge-crop kelebihan page nya hihih.

Kalo mau lebih gampang, tinggal buka Microsoft Word aja trus Insert Symbol dan Subset nya pilih Greek and Coptik sbb:

Swear, jika Allah merestui.. saya akan mampir ke Yunani terutama kota Athena untuk menyingkap situs-situs bersejarah disana. Hihih

Note :

Kalo ada yang mau menambahkan dan menjawab penasaran saya, monggo loh di isi komen nya yah. Kalo ada yg salah, monggo juga di kritik. Tapi smoga artikel ini membantu tugas kuliah nya atau PR nya😀

 


One thought on “Abjad & Bahasa Yunani

  1. Alfabet Yunani Modern yg benar adalah:
    alfa, vita, gama, delta, epsilon, zita, ita, thita, iota, kapa, lambda, mi, ni, ksi, omikron, pi, rho, sigma, tav, ypsilon, fi, khi, psi, omega.

    Zaman yunani kuno huruf Ββ dibaca “beta” yg melambangkan konsonan “b”. Namun kini lebih diucapkan “vita” yg melambangkan konsonan v atau w.

    Huruf Ηη melambangkan vokal “a/e”. Huruf Ιι melambangkan vokal “i”. Sedangkan huruf Υυ melambangkan vokal “u/i”. Namun kini ketiga huruf itu diseragamkan melambangkan vokal “i”.

    Nama huruf tersebut juga berubah yg asalnya eta dan upsilon menjadi ita dan ypsilon. Untuk romanisasi biasanya huruf ι (iota) disimbolkan i, huruf η (ita) disimbolkan i dgn tanda sirkumpleks. dan υ disimbolkan y.

    Kombinasi huruf dapat mengubah bunyi, seperti:
    μπ : b
    ου : u
    τζ : j
    dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s