Liburan ke Tg.Pinang dan Pulau Penyengat part 2


Nah, sekarang saya pengen memandu calon wisatawan yang hendak ke Pulau Penyengat yang saya sounding sebelumnya. Setiba di Pelabuhan Tg. Pinang ga ada salahnya mampir dulu di sekitar gerbang luar pelabuhan buat beli ole-ole khas nya yaitu Otak-otak dan sederet ragam kripik-kripikan.

Mengapa di beri nama otak – otak ?

Menurut salah satu penjual (penduduk asli Tg. Pinang) di karenakan bentuk makanan yang di bungkus  daun kelapa ini menyerupai otak ikan yang memang terbuat dari gilingan ikan dan sotong segar. Enak sekali kalau di santap anget-anget. Biasanya di bakar menggunakan arang agar tidak berbau asap/minyak tanah. 1 lembar otak – otak harganya bervariasi, dari 400 – 600 rupiah. Mau ? Kalau beli buat ole-ole jangan lupa di panasin lagi yah, biar lebih manyoss di santap anget – anget🙂

Anyway, saya ga akan berlama – lama di Tg. Pinang karena tujuan utama saya adalah Pulau Penyengat. Mari kita menuju ke Pelabuhan Pulau penyengat. Letaknya tidak jauh dari pelabuhan ferry Tg. Pinang, hanya bersebelahan (sebelah kiri pelabuhan ferry).

View dari pelantar pelabuhan pompong ke Penyengat

Dari pelabuhan Boat penumpang/pompong kita menuju Pulau penyengat dengan Situ istimewanya Mesjid penyengat dengan membayar hanya Rp 5000,– untuk sekali perjalanan. Tidak ada karcis atau tiket, tinggal bayar aja ama yang punya pompong. Murah kan ?

Biasanya untuk mempercepat keberangkatan akan di cari rombongan penumpang terlebih dahulu, agar pompong cepat penuh dan berangkaatt ! Kapasitas Pompong nya rata- rata berkapasitas 32 penumpang, yang terdiri dari 8 shaf masing – masing 4 orang. Sekilas di lihat emang nyeremin sih cara naik/turunnya begini ..

Kita akan menempuh waktu ±15 menit di tengah lautan.

 Padatnya penumpang pompong ke Pulau Penyengat

Mau tau kelanjutannya ? Bagaimana sih Sejarah Kerajaan Melayu di Pulau ini ? Baca artikel berikutnya yah …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s