Liburan ke Tg.Pinang dan Pulau Penyengat part 1


Baru sekarang akhir nya bisa berbagi cerita tentang libur lebaran kemarin. Kalo banyak orang yang memilih Mudik sebagai pelepasan rasa rindu terhadap keluarga dan kerabat di kampung halaman, tahun ini saya tidak bisa mudik di karenakan keterbatasan dana.

Namun itu tidak membuat saya hanya berdiam diri saja mnikmati lebaran di kampung halaman orang. Saya telah merencanakan nya sejak dari beberapa hari sebelum lebaran, yaitu Mengunjungi/Berziarah ke Pulau Penyengat. Disini terdapat Mesjid Penyengat yang tersohor berikut juga makam – makam para raja, sultan dan pendahulu-pendahulu. Tempat ini banyak di kunjungi pelancong/wisatawan domestik dan asing dari Singapura, Korea dll.

Pulau Penyengat berjarak kurang lebih 6 Km dari Tanjung Pinang – Kepulauan Riau. Biasanya menggunakan Boat Penumpang atau yang biasa di sebut sebagai Pompong/Kapal Pancung.

Berikut urutan jejak si Bolang🙂

Kata harus menuju ke Pelabuhan Telaga Punggur untuk mendapatkan Tiket Ferry. Ada 2 pilihan yaitu MV. Baruna dan  Sentosa yang berangkat ke Tanjung Pinang setiap 30 menit sekali.

Lihat jadwal keberangkaan ferry disini

 Disini juga di sediakan parkir inap bagi yang pengen ninggalin mobil atau sepeda motor dengan aman yang di kenai biaya Rp 1000,- / hari

Kita bebas memilih tiket ferry sesuai kemauan. Biasanya sih kalau saya pilih yang mana tidak menunggu lama lagi. Jangan heran kalau begitu sampai di Pelabuhan ini akan terdengar suara riuh para mbak-mbak konter penjual Tiket Ferry. Harga Tiket nya sangat terjangkau, untuk MV Baruna misalnya, yaitu hanya Rp 78.000,- untuk PP / Two way per orang.

Untuk mendapatkan nya tidak perlu antri atau menyiapkan dokumen identitas. Biasanya nya tinggal nyodorin uang ajah. Setelah itu kita harus membayar Tax atau Pas masuk pelabuhan. Sayangnya karcis saya kececer, jadi ga bisa di upload fotonya heheh. Kalau tidak salah, ga sampe Rp 5000,- kok.

Dan sembari menungu jadwal Ferry, disini juga tersedia kios-kios penjual minuman/makanan ringan dan makanan fast food. Atau kalau emang udah ga mau ngapa-ngapain, silahkan menunggu di ruang ini.

Nah, kita akan menempuh waktu ± 1 jam Batam – Tg.Pinang dengan menempuh jarak 22 mil menggunakan Ferry-ferry di bawah ini.

Kalau saya tidak salah ada 2 ukuran Ferry yang di sediakan. Yang berkapasitas 90 – 130 orang dan yang bermuatan 200 orang. Sedangkan untuk MV. Baruna saat ini tersedia 12 unit.

Selamat berpetualang. Pastikan barang bawaan anda aman🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s