Senin : Momok bagi Karyawan


Apa ungkapan kamu ketika hari Senin datang ?

” I Hate Monday !”

Lalu ungkapan bila hari Jumat tiba ?

” Thanks GOD its Friday !”

Seolah – olah kita menyalahkan keberadaan hari Senin. Dan mengabaikan hari – hari lainnya. Padahal hidup kita ga ada artinya tanpa hari – hari itu. Peristiwa penting dalam sejarah hidup kita pun terjadi di hari – hari itu. Kita mengabaikan betapa penting nya makna dari hari – hari itu. Buktinya, kita hanya akan mengingat tanggal kejadian dari sebuah peristiwa bersejarah atau kenangan, masa lalu dan hari spesial lainnya dengan menyertakan Tanggal nya saja.

Bagaimana dengan Hari nya ?

Senin menurut Wikipedia adalah hari kedua dalam satu pekan. Nmaun pernyataan menurut ISO 8601, Senin adalah hari pertama masuk kerja dan merupakan hari pertama dalam satu pekan. Beda lagi pendapat sebagian besar karyawan, yang menganggap hari Senin adalah momok yang mengerikan.

Sebenernya bukan mengerikan, hanya saja hari termalas beraktifitas setelah menikmati OFF DAY di hari Sabtu dan Minggu. Tapi masa libur tentu tidak berlaku bagi karyawan yang bekerja menggunakan Shift.

Mindset yang kita tanam kan selama ini adalah hari senin hari dimana kita harus membuka file – file kembali yang mungkin belum selesai kita kerjakan di Jumat sore. Secara biasanya kalo sudah berada di hari jumat, bisa jadi fikiran sudah tidak di tempat kerja lagi biasanya. Kita sudah siap merancang planning – planning untuk memanjakan diri bersama keluarga, teman atau bahkan kekasih. Atau memang hanya ingin menikmati “Me Time” saja di rumah.

Kalau begini, seolah – olah bekerja adalah suatu beban bagi kita toh ? Saya termasuk orang yang tidak menyukai hari Senin, dulu nya. Jangankan membayangkan harus buka – buka data, file yang masih berserakan, atau mengikuti jadwal Meeting Marathon dan janji dengan Klien dan sebagainya, untuk bangkit dari tempat tidur saja rasanya mengenaskan, seperti menzalimi diri sendiri rasanya. (Lebay sih).

Namun saya pernah mendapatkan sebuah artikel di Internet beberapa waktu lalu, bahwa hal ini sudah di teliti dengan anak – anak Mahasiswa di Amrik. Yang hasilnya adalah ” Sesungguh nya hari  terberat dalam dunia kerja itu adalah hari Selasa jam 11 Siang “. Wow, detail yah.

Alasannya adalah : Justru di hari senin terkadang kita baru akan memulai ngecek – ngecek pekerjaan minggu lalu, nge-tracking report dan minutes sebelumnya. Ini bisa jadi menghabiskan waktu seharian kerja (8 Jam). Nah, di hari Selasa Jam 11 lah kita baru betul – betul memulai kerjaan baru, biasanya. Benar kah kamu demikian ?

Namun beda perusahaan, beda pula rasanya. Dulu, saya bener – bener menjadi Korban Sindrom Hari Senin ini. Rasanya mengerikan sekali. Entah sekian banyak Senin yang saya lewati dengan tidka bersemangat. Catatan penting nya adalah, Sindrom akan muncul ketika kita terus menerus men-sugesti diri kita ke hal – hal yang kurang baik. Lalu kenapa kita teruskan ? Mengapa tidka kita mulai dengan memberikan pengaruh positif / sugesti yang baik di pagi hari ? Bisa kita mulai ketika pertama kali membuka mata, dengan mengucapkan syukur barangkali ?

Saya berpendapat, bahwa Mood dalam 1 hari tergantung bagaimana kita mengawali hari tersebut. Jadi, kalau pagi hari saja udah jutek, saya bakal seharian jadi orang yang paling menyebalkan. Barangkali, kita harus bener – bener yakin dulu sebelum memilih pekerjaan, bahwa pekerjaan yang kita geluti sekarang adalah kesenangan kita, atau kita lakukan atas dasar kemauan sendiri. Bukan paksaan atau tuntutan agar membuat orang tua,suami,istri atau seseorang hepi dan bangga dengan Karir yang kita pilih. Lah bayangkan saja, gimana ornag lain mau hepi jika kita saja tidak bangga dengan pekerjaan kita ? Tidak menyukai pekerjaan kita ?

Berikutnya adalah, mari kita make sure bahwa kita selalu memiliki Notes Things to Do setiap harinya. Setidaknya ini akan mempermudah kamu untuk memprioritaskan mana dulu yang harus di kerjakan, jadi ga bakal ngerusak Mood jika sewaktu – waktu apa yang kita kerjakan berantakan. Jangan lupa siapkan plan A dan Plan B. Jadi sotoy gini saya hahah.

Forget it, saya yakin setiap orang punya manajemen diri sendiri untuk menghadapi karir nya. Abaikan saja, saya ngeri membahasnya. Tapi kalo kamu setuju silahkan saja😉

Ada orang yang menyarankan, buat lah list kesenangan di hari Senin. Bisa di contoh juga. Tapi kalau dari saya, cukup ucapkan ” Basmallah “ atau syukur ketika kita masih mampu membuka mata di pagi ini. Karena semua ini adalah ANUGERAH.

Mari kita cintai setiap Hari – hari yang di sediakan oleh Tuhan.

Siapa tau, di Hari Senin inilah kamu mendapatkan kabar baik dan sukacita😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s