ATM | ambil tiru modifikasi


Sudah lama ga coret-coret absensi siaran saya ..

Kebetulan saya lagi berada di Jogja nih, dan nyempetin waktu buat berkunjung ke Geronimo FM, sebuah station yang dulu (ketika saya masih SMA) sempat membuat saya adore dan tertarik dengan sejarah nya.Hingga waktu itu, menjadi salah satu alasan saya untuk mengagumi DIY Jogja.

Saya dan ketiga sahabat saya (berasal dr Radio yg sama) saat itu merasa agak tersanjung karena Geronimo Crew yang sangat Welcome. Seketika kita di persilahkan naik ke lantai 2, tempat dimana para Announcer beraksi.

 

Isi obrolan kita adalah standar, sebagaimana sesama pelaku broadcaster bertemu :

  • Perkenalan diri masing-masing dan mulai bertukar informasi
  • Peres2an dulu, bahwa studio nya asik buat nongkrong lama2 (emg bener kok)
  • Segmentasi nya apa ?
  • Kriteria pendengar nya bagaimana ?
  • Program andalan nya apa saja ?
  • Jumlah penyiar berapa ? << pertanyaan basa-basi / ga penting
  • Tekhnik siaran blaa bla
  • Off air nya gimana ?
  • Suka duka penyiar >> pertanyaan paling wajar .. dan selalu ada

Sampai pada jurus terakhir yang kita punya, adalah mengeluarkan jurus ATM (Ambil Tiru Modifikasi ) untuk meng-create sebuah program. Serempak kita terbahak, bahwa jurus ini sesunguhnya ada di beberapa Radio di Indonesia.

Boleh mencontek / terinspirasi dari Radio atau televisi lain, tiru .. dan silahkan di modifikasi biar ga terkesan plagiat.

Intinya, semua program di sebuah stasiun radio itu sama. Hanya saja packaging yang berbeda, ada yang memilih lurus2 aja dalam penamaanya, konten nya, sampe penyiarnya pun biasa ajah. Namun tidak sedikit pula yang memilih jalur unik, kreatif, lucu bahkan formal. Jadi tak heran kalo dalam satu Kota terdapat Jenis Program Radio yang sama, jangan sekali-kali pernah meng-klaim bahwa radio lain menyontek atau follower. Karena menurut saya, IDE yang murni di stasiun radio itu hanya SUARA yang bagus, yang di miliki setiap penyiar dan ga mungkin di bajak🙂

One thought on “ATM | ambil tiru modifikasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s