Batam dan Lalu lintasnya


Siapa pun yang pernah ke kota ini atau yang sudah berdomisili disini pasti menyetujui kalo Kota Batam memiliki jalanan lalu lintas yang lumayan nyaman, bebas macet di banding Jakarta. Kalo iya pun macet, biasanya hanya terjadi di jam2 sibuk saja seperti pagi hari ( jam 7 – 9 ) dan sore hari (jam 5 – 7). Saya menyebutnya Prime Time, dimana sebenernya ini jam2 yang punya daya jual sangat tinggi buat sasiun radio (loh ? kok radio).

Mari kita bahas ‘isi’ lalu lintas nya :

  • Bagaimana sejak di berlakukannya menyalakan lampu bagi pengendara sepeda motor , meski di siang hari ? Jawaban saya : Lampu motor saya jadi sering putus dan sering ganti, kadang bermanfaat juga sih peraturan ini apalagi kalo lagi dalam kondisi hujan lebat & berkabut
  • Lalu, bagaimana dengan peraturan ” belok kiri ikuti isyarat lampu” ? Jawaban saya : Ada baiknya untuk mengurangi macet, tetapi secara di Batam jarang banged terjadi macet kadang kok rasanya wasting time yah nungguin lampu ijo ? Trus, kadang malah membuat jalan muter2 jauh banged, mengesalkan. Jadi kangen istilah Bekibolang alias belok kiri boleh langsung😀
  • Ini mungkin bukan peraturan, melainkan hanya sebuah kebiasaan. Menurut anda, bagaimana penggunaan klakson kendaraan di Batam ? Rasanya ganggu banged kalo berada di sekitar pengendara motor/mobil yang semena2 gunain klakson, ga pake aturan alias ga pada tempatnya. Terkesan tidak sabaran dan nyebelin. Mending kalo klakson nya ga terlalu banter. Saya risih, jika membandingkan dengan penggunaan klakson di luar negeri yang sangat minim. Sopan dan pada tempatnya. Use your clakson wisely please ..
  • Saya bangga dengan polantas Batam saat ini. Mungkin di kota2 lain udah sejak lama di terapkan. Tapi cukup  mengharukan di setiap simpang jalan protokol kota batam saat ini sudah ada Himbauan dalam bentuk rekaman. Setidaknya bisa sambil nyimak sembari menunggu lampu hijau menyala. Cukup menarik perhatian ..
  • Dan saya baru tahu masalah penilangan. Ternyata ketika di tilang Pak Polisi kebanyakan kita di berikan surat “merah jambu” , padahal jelas2 kita tidak menolak sama sekali untuk di tilang. Kalo dapet surat pink ini urusannya bakal panjang, harus ikut pengadilan lah (katanya) padahal kasi uang 50rb jug akhirnya bisa lolos, Hmm .. Indonesian Style. Sebaiknya, jika ingin ditilang minta lah surat tilang berwarna Biru, ini akan mempermudah proses ke depannya. Kalo Pak Polisi nya ga bawa ? Komplain balik ajah .. kan kita mo ikut aturan, ya gak ?

So guys, sudah tertib kah kamu di jalan raya ?

Sudah memperhatikan keselamatan bersama kah ?

Remember, jangan berkendara seolah2 membenarkan bahwa Driving License (SIM) kamu adalah tembakan alias pake calo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s