3 Bulan sterilisasi sebelum ke Radio berikutnya


Kebetulan baca2 lagi milis nya penyiar.com

Ada topik baru yang bertanya seputar Perpindahan penyiar dari satu radio ke Radio yang lain. Barangkali temen2 seprofesi (penyiar radio) pernah mendengar tentang ini, bahwa seorang penyiar radio harus “menyucikan diri” alias cuci otak dulu sebelum merambah ke radio lainnya minimal 3 Bulan dari radio sebelumnya.

Topik menarik buat di bahas. Issue umum yang jarang terpublikasikan, hanya dari mulut ke mulut. Setau saya sih issue itu bener. Tapi lebih baik lagi kalau temen2 lain tau Dasar Hukum nya , siapa tau emang ada undang2 penyiarannya ?

Menurut saya (kebetulan saya jg ngalamin ) emang semestinya begitu. Menyucikan diri disini maksudnya adalah : Libur selama 3 bulan untuk berhadapan dengan Microphone radio manapun. Ada gunanya juga, diantara nya :

  • Seorang penyiar radio akan terhindar dari kontaminasi radio sebelumnya. Ini fatal,  jika kita masih suka keceplos Station ID radio kita sebelumnya di Radio baru kita. Apalagi kedua radio ini Saingan.
  • Lebih parahnya lagi kalo kamu keceplos nama on air di radio lama kamu. Wuee ..
  • Guna yang lain adalah : Kita tidak akan terbawa2 dengan issue2, pola pikir, atau bahkan idealisme kita sebelumnya. Jadi akan lebih enak dtg ke Radio yang baru dengan jati diri yang baru kan ?
  • Hal ini juga bermaksud agar kita menjadi pribadi yang Netral, tidak membandingkan tempat kerja yg satu dengan yang lainnya.
  • Agar kita lebih legowo mengikuti Rules kerja yang baru.
  • dll , silahkan di tambahkan.

Jadi, secara logika nya sih cuma ini yang bisa saya share. Kalo ada info yang lebih akurat lagi , monggo di tambahken.

Sebuah ketentuan ada/dibuat, tentulah ada alasannya. Ya kan ?

So, sudah steril kah kamu di Radio kesayangan mu yang baru ?

4 thoughts on “3 Bulan sterilisasi sebelum ke Radio berikutnya

  1. jill apa kabar? masih ingatkah ma aku,org yg dulu pernah krja d s’pore th 2004 lalu,dan adikku dulu pernah kerja di batam,gmna karir km skrg,msh siaran kah?

    good luck ya….

  2. hmm.. nggak pernah kepikiran liat dari sudut pandang itu. Bener juga sih. Saya pindah dari satu radio ke radio lain dalam kurun waktu 2 bulan aja masih suka salah menyebut program di radio lama. Mungkin memang 3 bulan waktu yang tepat untuk cuci otak😀

  3. Hmmm… contamination! It would be nice to have the luxury of a situation where announcers (or animators, or graphic designers) can have a period of detox or de-briefing before starting a new project or job. But often the commercial nature of work won’t allow for this. If it was law, who would pay for the enforced holiday!

    I recently inherited a team fresh from another project very different to mine, and had to spend time un-doing work executed in a completely inappropriate style. Time to cleanse between projects would have avoided this, but time costs money that nobody could afford…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s