Seorang Produksi Radio adalah bibit menjadi Station Manager


Mencari Ide di sebuah radio adalah makanan pokok seorang pelaku radio. Dari Air talent, script writer, Produser, Mix Man, Music Director, IT , Off air division semua deh yang berada di ruang lingkup dunia broadcast. Itulah kenapa insan-insan radio di sebut sebagai salah satu pelaku kreatifitas. Rata-rata itu menjadi persayaratan paling umum di radio mana pun.

Baiklah, saya akan fokus ke Divisi Produksi dulu yah ..

Sebuah Divisi yang bertugas membuat semua Spot Iklan, promo radio, Jingle, Bridging, insert2 acara, Bumper, rekaman paket acara, rekaman ini itu sampe terkadang sekaligus menjadi director  bagi Voice Over.

Suatu hari saya mentok, mati ide, mati gaya, mati kreativitas, otak rasanya panas. Di paksain gimana pun pasti ga bakal bisa. Cuma butuh tidur rasanya saat itu. Kebetulan saat itu saya memegang divisi Produksi, yang umumnya di pegang oleh Cowo. Denger2 saya termasuk salah satu cewe yang beruntung bisa cicipin divisi ini, dan di radio saya waktu itu belum ada sejarahnya cewe nge-handle production. Dimana tugas pokoknya adalah “ga boleh mati ide”. Mentok .. lagi senggol bacok rasanya.

Itulah yang membuat saya jarang pulang ke kosan dan memilih untuk kerja di tengah malam, cari inspirasi dalam kesunyian dan kengerian, asli banyak banged godaaan nya.  Barangkali para produksi2 lainnya juga sering bawa kasur ke ruangan produksi nya, ya kan ?

Suatu hari saya mendapat giliran siaran subuh, jam 5 harus udah di studio saat itu. Perjalanan yg sunyi, dingin dan kelam ternyata trik lumayan ampuh buat fikiran saya berseri-seri. Sepanjang perjalanan banyak banged ide yang saya dapetin, mulai ide buat program radio (kebetulan masa transisi ke Pjs Program Director), ide buat promo2 dan spot2 iklan yang fun sampe ide buat event off air.

Yang saya fikirkan saat itu adalah :

  • Mungkin ga yah membuat Promo radio seperti Iklan. Di balikkin gitu deh, why not ? Karena kebanyakan radio yang saya denger, kalo Promo radio biasanya cenderung Monolog. (ga semua tapi)
  • Membuat promo radio 2 versi per setiap acara, biar pendengar ga bosen. Boro2 yah, ngerjain 1 promo aja kadang kalang kabut heheh
  • ect

Saya lupa apa aja. Pernah station manajer saya nge-push membuat 100 jingle dalam waktu sebulan, merevisi promo 6 bulan sekali, membuat jingle khusus program, jingle pagi siang dan malem di bedain, dan jingle2 lainnya yang dia mau. Modaar lah saya !

Mungkin pernah denger kalo di dalam TOILET adalah moment terindah para pelaku radio buat mencari Inspirasi ? Yup saya setuju, dan sudah membuktikannya, tapi mungkin itu untuk yang doyan pup lama sambil menghisap sebatang rokok, ngebull .. ngebull .. plung. Bagi saya (yg ga hobby nongkrong lama2 di WC) , moment saat bermanfaat utnuk berfikir dan merangsang kreatifitas adalah sesaat sebelum tidur. Saat fikiran dan badan bener-bener hendak beristirahat.Cobain deh .. bahkan sampe kebawa2 mimpi ntar.

Jadi tau kan kenapa yang berada di divisi produksi itu selalu nya cowo ? Karena mereka demen begadangan. Keistimewaan menjadi seorang produksi adalah :

1. Akan lebih menguasai Script (karena hari2 dapet jatah baca skrip iklan/promo/jingle dll)

2. Akan lebih menguasai Music (karena hari2 dengerin Lagu, sound, Fx, Stringer, Sweeper, Sound Ideas dll)

3. Akan lebih paham akan Voice Over (secara doi ornag paling akhir/utama yang di jadiin tumbal kalo ga ada yang mau Take Voice)

4. Akan lebih ngerti masalah Program secara mau ga mau doi ngebayangin dulu Program nya dulu bakal jadi gimana sebelum bikin promo/ iklan baru.

Intinya, divisi ini mengajarkan kita untuk lebih peka, melatih imajinasi & kreativitas, menguasai hampir di seluruh aspek penting di radio seperti yang saya sebutin tadi. Jadi ga heran kalo biasanya, seorang Produksi cukup handal di banding orang yang memegang divisi lainya. Bersyukurlah kamu ..

Trainer saya pun berpendapat sama, bahwa tidak jarang seorang PROGRAM DIRECTOR / STATION MANAGER berasal dari seorang produksi atau minimal pernah mencicip menjadi seorang Produksi, karena apa ?

Karena dia mengerti segalanya (yg di butuhkan sebuah radio), karena setiap hari sesungguhnya mereka sedang melatih dan mempertajam sense of radio nya, sedang membuat dirinya semakin pintar. Mudah-mudahan saya juga yah .. hehe Amien. Pengenya sih langsung jadi Owner.

Sekarang, coba iseng2 tanyain tuh station manajer kamu, atau PD kamu ? Bener ga doi pernah berada di divisi produksi.

Bukan berarti divisi2 lainnya tidak smart yah. Semua nya sama, sama-sama kreatif. Bukan pula Progam Director yang ada sekarang wajib menjadi produksi terlebih dahulu. Saya hanya menggunakan aspek MAYORITAS.  Namun kalau bisa menjadi yang lebih unggul kenapa tidak ? Posisi tidak penting , apalagi kalau di dapatkan dengan cara yang “tidak wajar” alias menjilat dan sikut2an antar temen. Ini paling sering terjadi, apalagi kalo sebuah radio berasal dari caplokan radio mana2, biasanya masing2 akan membawa bendera lama nya, terbentuklah sesuatu yang kita sebut sebagai IDEALISME. Hati -hati, Yang penting adalah Inovasi !

So, sudah di tingkat mana kah kamu ? apakah mimpi mu hanya sampai menjadi seorang penyiar radio ? Script Writer ? Reporter ? dll ?

Bermimpilah lebih tinggi .. !

3 thoughts on “Seorang Produksi Radio adalah bibit menjadi Station Manager

  1. mantap……………., kalo bisa bagi2 dong idenya. Soalnya saya diberi tanggung jawab bagian produksi nih, trims

    • Dony,
      Lokasi dimana bro? Radio apa? Kalo share2 ttg produksi mudah aja, intinya hrs sering2 dengerin radio luar sbg reference, refreshing biar ga mati ide dan ikutin perkembangan dunia production radio di dunia. Minta pendapat juga pada temen2 team atau pendengar bisa jd masukkan yg apik.

      Cheers,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s