Teh Obeng dari Batam


Emang udah banyak yang memposting sejarah “Teh Obeng”.

Tapi setelah mengingat kejadian yang menimpa salah seorang sahabat saya yang  baru saja hijrah ke Batam, hati ini jadi geli rasanya. Sepanjang sejarah tentang Teh Obeng yang saya dapetin berdasarkan Mbah Google, ada beberapa info yang agak sedikit berbeda-beda.

Nah, beberapa waktu yang lalu saya lagi liburan ke Jakarta. Karena terbiasa mengatakan “pesen Teh Obeng” saat di Batam, si penjual Ayam Penyet pun terheran-heran. Akhirnya dia menyadari ..

Saya : Mas mo pesen Teh Obeng 2

Penjual : Haa? Teh Obeng ?

Saya : Hmm .. oh Es teh manis😀

Penjual : Mbak dari Batam yah ?

Saya : Ho’oh .. hehe kok tau yah

Penjual : Kan sebutan begitu cuma dari Batam mbak

Ohh .. ok i c. Penasaran dengan sejarahnya , sepulangnya dari Jakarta saya ngider lagi ke salah satu warugn tenda favorite saya di kawasan Penuin.Saat ngobrol-ngobrol dengan dedengkot nya penjual , bapak tersebut menceritakan dengan gaya bahasa yg agak sedikit menerawang.

Menurutnya, sejarah Teh Obeng itu berasal dari sebuah Kata Teh Apeng.  Sebutan ini sebetulnya berasal dari Negeri Singa yang di bawa oleh seorang Warga Singapura dengan logat cadel nya. Kebetulanm beliau di kenal dengan nama Koh Apeng.Usut punya usut Kata Peng itu juga bermakna Es, entah itu bahasa apa (kurang yakin). Karena adanya abrasi bahasa, waktu demi waktu berubah lah penyebutan itu menjadi Teh Openg = Teh Es. Lalu, karena merasa banyak nya pendatang di Pulau Batam ini, penyebutan juga menjadi pengaruh yang sangat kuat buat sebuah perubahan Istilah ini, menjadi Teh Obeng alias Es Teh Manis. Untuk membedakan sebutan Teh Panas, maka masyarakat Batam mencetus sebutan Teh O.

Bukan hanya 1 atau 2 orang pendatang yang terjebak dengan Istilah ini.Salah satunya adalah sahabat saya. sempet sampe ngotot-ngototan sama si penjual ketika di sebutkan Teh pake Obeng (menurut asumsinya). Ada lagi sahabat saya yg meminum air cuci tangan yang di letakkan dalam wadah berbentuk teko di sebuah rumah makan nasi padang. Heheh rasanya konyol saja , apalagi jika di perhatikan oleh banyak orang🙂

Bagi calon pendatang, mungkin ini akan menjadi referensi yang baik sebelum di bego’in oleh temen-temen mu.

Senang sekali rasanya jika istilah sebutan ini menjadi salah satu ciri Khas Kota Batam.

Masih mengenai kuliner di Batam, jangan terkejut jika tiba-tiba menemukan gelas tiruan terbuat dari plastik untuk penyajian Teh Obeng masa kini (masi banyak juga yg menggunakan gelas kaca sih). Desas desus nya, gelas plastik ini juga di buat di salah satu Pabrik Plastik Batam.Woahh .. membanggakan.

Bagaimana dengan kantong plastik bungkusan minuman yg bertali pink/orens sebagai pengikat ? Pernah lihat ? Yang ini juga desas desusnya berasal dari Kota Batam.Berawal sejak belasan tahun lalu.Hmm .. jadi penasaran. Tunggu info berikutnya yah😉

– Welcome to Batam Island –

Notes :

Gambar menyusul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s